Pengertian Usaha Kecil Menurut Undang-Undang dan Beberapa Tokoh



Pengertian usaha kecil bagi setiap orang tentu memiliki pandangan yang berbeda-beda. Definisi usaha kecil sendiri ada yang dilihat dari penjualan, jumlah dari tenaga kerja, hingga modal usahanya. Namun pada prinsipnya semuanya sama. Usaha kecil bisa dikatakan sebagai usaha yang didirikan dengan modal kecil, cakupan pasar yang kecil, dan skala kecil. Namun melihat adanya kesempatan besar lewat fasilitas teknologi canggih menjadikan usaha kecil menengah menawarkan penghasilan lumayan.
pengertian-usaha-kecil-menurut-undang-undang
Pengertian Usaha Kecil Menurut Undang-Undang

Hingga saat ini, bisnis kecil menengah sendiri sedang tren khususnya di kalangan masyarakat muda. Usaha kecil tentunya akan laris manis jika dibuka siapa saja. Di samping modal yang diperlukan tak begitu besar, bisnis ini juga bisa dikerjakan dengan fleksibel. Namun tentunya bukan berarti bahwa usaha kecil tak dapat berkembang hingga menjadi perusahaan besar di masa mendatang. Semua hanya memerlukan waktu dan proses saja.

Definisi Usaha Kecil Menurut UU No. 20 Tahun 2008 

Usaha Kecil merupakan usaha ekonomi produktif berdiri sendiri, dan dilakukan perseorangan maupun badan usaha dan tidak termasuk anak perusahaan maupun bukan cabang dari perusahaan yang dikuasai, dimiliki, ataupun menjadi bagian entah langsung ataupun secara tak langsung dari usaha besar atau usaha menengah yang telah memenuhi kriteria sebuah usaha kecil. Sementara usaha menengah merupakan usaha ekonomi produktif berdiri sendiri, dilakukan oleh badan usaha atau perseorangan yang tida termasuk cabang perusahaan atau anak perusahaan yang dikuasai, dimiliki maupun menjadi bagian, entahs ecara langsung atau tak langsung dengan jenis usaha besar atau kecil yang memiliki hasil penjualan secara tahunan.

Pengertian Usaha Kecil Menurut Para Ahli

Bagi beberapa tokoh sendiri, pengertian usaha kecil memiliki arti yang berbeda, diantaranya :

1.       Menurut M. Tohar
Usaha kecil merupakan aktivitas ekonomi rakyat berskala kecil, yang memenuhi hasil penjualan secara tahunan atau kekayaan bersih dan kepemilikian, seperti halnya diatur melalui undang-undang.

2.       Menurut Ina Primiana
Usaha kecil memiliki pengertian di bawah ini :
·                     Pengembangan 4 aktivitas ekonomi utama sebagai motor penggerak dari pembangunan, diantaranya industri manufaktur, bisnis kelautan, SDM dan agribisnis.
·                     Peningkatan berbagai upaya pemberdayaan dari masyarakat.
·                     Pengembangan sebuah kawasan andalan, demi mempercepat proses pemulihan perekonomian lewat pendekatan daerah atau wilayah, yakni melalui pemilihan daerah atau wilayah demi mewadahi pengembangan dan prioritas potensi dan berbagai sektor.

3.       Menurut M. Kwartono Adi
Usaha kecil merupakan kegiatan ekonomi dari rakyat dengman kekayaan bersih maksimal sebesar Rp. 200 juta, tanpa termasuk bangunan dan tanah tempat usaha maupun yang mempunyai hasil penjualan per tahun maksimal Rp. 1 milyar dan termasuk milik dari WNI.

4.       Menurut Zulkarnain
Usaha kecil merupakan aktivitas ekonomi rakyat dengan memenuhi kualifikasi sebagai usaha yang mempunyai penjualan per tahun paling banyak sebesar Rp. 1 miliar. Selain itu juga merupakan bisnis yang berdiri mandiri, bukan termasuk perusahaan maupun cabang perusahaan terafiliasi, dikuasi, atau dimiliki, baik secara tidak langsung ataupun langsung dengan usaha skala besar atau menengah. Termasuk usaha yang berupa badan usaha miliki badan usaha tak berbadan hukum maupun perseorangan.

Berdasarkan pengertian usaha kecil di atas bisa disimpulkan baha pada usaha kecil terdapat 2 hal yang harus diperhatikan, diantaranya terbatasnya pemisahan pada perusahaan dan pemusatan pengawasan dan kepemilikan baik oleh seseorang maupun oleh beberapa orang. Itulah penjelasan mengenai definisi dan pemahaman usaha kecil.

Advertisement
Pengertian Usaha Kecil Menurut Undang-Undang dan Beberapa Tokoh | Mita Mellinda | 5

0 komentar:

Posting Komentar