Jenis Dan Contoh Usaha Kecil Untuk Mahasiswa yang Wajib Dicoba

Contoh Usaha Kecil Untuk Mahasiswa - Mahasiswa memang menjadi salah satu tahapan pendidikan yang memerlukan banyak biaya. Karena itu rasanya sudah tak asing lagi bila banyak mahasiswa yang seakan berbondong-bondong untuk melakukan banyak pekerjaan sambilang. Selain bekerja sambilan, para mahasiswa ini pun banyak berusaha mencari pendapatan tambahan dengan melakukan usaha kecil. Ada banyak sekali jenis usaha kecil untuk mahasiswa yang bisa dilakukan. Keuntungan yang besar pun menjajikan untuk usaha kecil tersebut.

contoh-usaha-kecil-untuk-mahasiswa-jualan

Contoh usaha kecil untuk mahasiswa ini biasanya memiliki beberapa kelebihan, antara lain tak banyak menyita waktu serta waktu yang fleksibel. Dua hal ini menjadi sebuah syarat mutlak untuk usaha kecil mahasiswa, karena lagi-lagi kesibukan para mahasiswa ini pun lebih dari pekerja biasa. Selain masalah waktu, tempat pun harus dipertimbangkan. Untuk mahasiswa nyaris tak mungkin untuk membuat usaha dengan menyewa tempat atau lokasi. Karena itu kebanyakan usaha kecil yang dilakukan oleh mahasiswa ini bisa dilakukan di rumah, atau menggunakan lokasi yang berpindah-pindah.

Contoh Usaha Kecil Untuk Mahasiswa 


Yang harus diperhatikan berikutnya adalah masalah modal. Ya, untuk ukuran kantong mahasiswa, modal ini pun menjadi satu hal yang begitu krusial dan penting. Modal yang terbatas memang mau tak mau membuat para mahasiswa ini harus pintar-pintar mengakali bisnis ataupun usaha yang dilakukan. Nah tak perlu berlama-lama lagi ya, dibawah ini adalah contoh usaha kecil untuk mahasiswa.

1. Les privat

Bisnis kursus private merupakan bisnis sampingan yang tidak memerlukan modal. Namun bisnis ini menuntut mahasiswa yang menjalankannya mempunyai keterampilan dan keahlian khusus. Misalnya saja bisnis kursus private matematika, paling cocok bagi mahasiswa jurusan matematika. Kursus matematika banyak dicari orang tua murid, karena matematika diajarkan sejak pendidikan dasar dan diujikan pada ujian nasional. Ini merupakan ladang emas yang sebaiknya dicoba mahasiswa.

2. Jual beli barang bekas

Bisnis jualan barang bekas merupakan bisnis sampingan yang memerlukan modal. Bisnis ini memerlukan kecermatan membaca peluang. Karena barang yang dijual merupakan barang bekas yang biasanya disepelekan oleh banyak orang, namun merupakan barang yang berarti bagi orang yang membutuhkannya. Seperti misalnya membeli kipas angin di pasar barang bekas, kemudian dijual kembali kepada teman kampus yang membutuhkan kipas untuk kamar kosnya. Semakin cermat membaca peluang, semakin kecil modal yang dibutuhkan dan semakin besar laba yang didapat.

3. Penulis atau content writer

Bisnis jasa penulis merupakan bisnis online mahasiswa yang hobi menulis. Selain menjadi penulis online mahasiswa dapat mencoba menjadi kontributor sebuah situs online. Bahkan dapat membuka jasa penulisan online, kemudian mempromosikannya di media sosial dan dunia maya. Jika tulisan Anda enak di baca manusia dan mesin pencari google, para pelanggan akan memberi nilai plus untuk bisnis online Anda.

4. Penerjemah

Bisnis jasa penerjemah merupakan bisnis sampingan yang cocok dijalankan mahasiswa jurusan bahasa, baik Bahasa Inggris, Bahasa Jepang, Bahasa Arab, Bahasa Mandarin dan bahasa lainnya. Bisnis ini tidak membutuhkan modal, hanya membutuhkan keterampilan dan kefasihan berbahasa asing saja. Bahkan Anda dapat mulai menawarkan jasa kepada mahasiswa lain yang berbeda jurusan, seperti jurusan IT dan jurusan lainnya.

5. Kaos

Bisnis kaos sedang menjadi tren bisnis anak muda masa kini, sehingga banyak bermunculan distro. Ini adalah kesempatan untuk ikut meramaikannya, namun dalam bisnis ini mahasiswa dituntut kreatifitasnya.

Menarik bukan? Sudah siap untuk mulai berbisnis kecil-kecilan ala mahasiswa ini?
Advertisement
Jenis Dan Contoh Usaha Kecil Untuk Mahasiswa yang Wajib Dicoba | laras | 5

0 komentar:

Posting Komentar