6 Tips dan Trik Membuka Iklan Lowongan Kerja Yang Menarik


Tips dan Trik Membuka Iklan Lowongan Kerja Yang Menarik - Semakin besarnya sebuah perusahaan, pastinya semakin membutuhkan tenaga kerja yang banyak pula di perusahaan tersebut. Dengan begitu, hal tersebut juga menandakan semakin majunya perusahaan. Sebagai seorang HRD atau bagian SDM diperusahaan yang tengah berkembang pesat, tentunya Anda akan semakin disibukkan oleh proses penerimaan tenaga kerja yang melelahkan. Dimana proses recruitment tersebut sangat melelahkan, terlebih lagi banyaknya kandidat pelamar pekerjaan yang tak sesuai kriteria lowongan pekerjaan yang dibuka.

tips-dan-trik-membuka-iklan-lowongan-kerja

Untuk mempermudah Anda dalam melakukan recruitment karyawan di perusahaan, maka Anda pun harus membuat sebuah iklan lowongan kerja menarik bagi perusahaan Anda. Terlebih lagi dengan memanfaatkan media online saat membuat iklan lowongan pekerjaan maka lebih mudah dilihat oleh pengunjung, dengan begitu semakin banyak pula kandidat yang melamar ke perusahaan Anda. Namun, sebelum Anda membuat iklan lowongan pekerjaan di situs media online, tak ada salahnya untuk memperhatikan hal-hal berikut ini :

1. Tampilkan Deskripsi dan Logo Perusahaan

Deskripsi dan logo perusahaan adalah faktor paling penting agar menjadikan lowongan pekerjaan pun lebih menarik, hal ini dikarenakan tiap kandidat sendiri pastinya ingin mengetahui bidang industri, sejarah perusahaan, hingga prestasi yang telah diraih perusahaan selama ini. Informasi tentang perusahaan memang sangat diperlukan pelamar demi meyakinkan mereka, dimana perusahaan tersebut benar-benar mampu menjamin para karyawannya jika bekerja di sana. Selain itu, deskripsi perusahaan pun memperlihatkan bahwa perusahaan tersebut adalah perusahaan yang bagus dan tidak menipu para pelamar kerja.

2. Deksripsi Pekerjaan

Tak sedikit perusahaan yang menawarkan lowongan pekerjaan namun tak mencantumkan deskripsi pekerjaan atau job description untuk para pelamarnya. Hal tersebut tentu membuat para pelamarnya merasa kebingungan bahkan ragu melamar pekerjaan di perusahaan Anda meskipun kriteria yang diperlukan telah memenuhi kualifikasi dari calon pelamar. Untuk itu, informasi yang satu ini sangat penting dicantumkan di tiap iklan lowongan pekerjaan demi memperjelas seperti apa bentuk pekerjaan yang dilakukan nanti. Selain itu, melalui informasi tersebut pelamar pun bisa mengetahui kualifikasi diri mereka apakah mampu menjalankan pekerjaan tersebut. Dengan begitu dapat mengurangi jumlah pelamar atau kandidat yang tak mampu atau tak sesuai dengan kriteria.

3. Mencantumkan Kriteria

Kriteria atau kualifikasi karyawan yang diinginkan oleh perusahaan tentu sangat penting dicantumkan dalam iklan lowongan kerja. Hal tersebut nantinya berpengaruh terhadap keputusan para pelamar apakah melamar ataukah tidak di perusahaan tersebut. Kebanyakan perusahaan merasa kesulitan memperoleh pelamar yaitu dikarenakan tingginya kriteria pelamar yang di pasang.

4. Mencantumkan Lokasi Kerja

Cantumkan pula lokasi pekerjaan dalam iklan lowongan pekerjaan Anda, agar pelamar pun mengetahui lokasi pekerjaan mereka nantinya, dengan begitu mereka dapat menghitung waktu dan biaya yang dikeluarkan untuk mencapai lokasi pekerjaan setiap harinya.

5. Menerapkan Kisaran Gaji

Agar lowongan pekerjaan yang Anda iklankan semakin menarik, maka tak ada salahnya jika Anda mencantumkan jumlah kisaran gaji di setiap posisi pekerjaan yang sedang dibuka. Terapkan kisaran gaji cukup menarik namun masih tetap masuk akal agar menghindari persepsi buruk tentang perusahaan Anda. Bila Anda mencantumkan kisaran gaji ini, maka pelamar pun akan semakin tertarik melamar pekerjaan di perusahaan Anda.

6. Mencantumkan Alamat Perusahan, Nomor Telepon dan Email

Informasi mengenai alamat perusahaan, email dan juga nomor telepon adalah hal yang wajib dicantumkan dalam iklan lowongan pekerjaan. Dimana informasi tersebut berperan sebagai sebuah sarana untuk mengirimkan lamaran atau menghubungi Anda ketika calon pelamar mengkonfirmasikan tentang lowongan pekerjaan yang Anda buka masih berlaku ataukah tidak.
Advertisement
6 Tips dan Trik Membuka Iklan Lowongan Kerja Yang Menarik | Mita Mellinda | 5

0 komentar:

Posting Komentar