6 Faktor Penentuan Lokasi Industri Paling Penting

Faktor Penentuan Lokasi Industri Paling Penting - Penentuan lokasi industri sebenarnya bisa dipengaruhi berdasarkan pertimbangan ekonomi, walaupun pertimbangan lainnya bisa mempengaruhi penentuan lokasi tersebut. Tujuan paling penting menentukan lokasi usaha atau industri itu sendiri adalah demi memaksimalkan keuntungan. Nah, ada beberapa faktor tertentu yang mempengaruhi penentuan lokasi usaha tersebut, diantaranya :

penentuan-lokasi-industri-paling-penting

1.       Ketersediaan Sumber Bahan Baku
Untuk menentukan lokasi usaha atau industri, faktor terpenting adalah mencari lokasi yang dekat dengan bahan baku. Kedekatan dengan bahan baku tersebut tentunya akan menekan biaya produksi usaha itu sendiri. Pada sebagian besar industri berskala besar, anggaran bahan baku dapat membentuk sebagian total biaya. Maka dari itu, sebagian besar dari industry yang berbasis hutan dan agro biasanya terletak di area yang memiliki pasokan sumber bahan baku yang banyak.

2.       Segmen Pasar
Seperti kita ketahui, sebuah industry atau usaha dibangun sebab adanya permintana konsumen. Maka tujuan utama aktivitas industri adalah untuk memproduksi sebuah produk yang dijual pada konsumen. Dimana hal tersebut menjadi alasan pentingnya konsumen atau pasar untuk keberlangsungan aktivitas industry tersebut. Bila konsumen yang memerlukan banya, dengan begitu inustri tersebut memiliki pasar cukup luas. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi luasan lokasi daerah pemasaran di dalam sebuah industry. Adapun faktor tersebut diantaranya kebutuhan masyarakat akan produk serta strategi pemasaran perusahaan.


3.       Ketersediaan Sumber Daya Manusia
Untuk menjalankan sebuah industri, tentunya memerlukan yang namanya sumber daya manusia yang terampil dan murah. Daya tarik industri  dari pusat-pusat sumber daya manusia sebagai tenaga kerja sendiri tergantung rasio biaya dari tenaga kerja akan total biaya produksi. Misalnya ketersediaan tenaga yang terampil pada karyawan pembuat rokok menjadikan pabrik rokok pun berkembang pesat di daerah Kudus.

4.       Jarak Lokasi ke Area Pemasaran
Akses ke lokasi pasar adalah faktor penting dalam penentuan lokasi industri. Dimana industri yang memproduksi komoditas yang gampang rusak maupun besar yang tak bisa diangkut lewat jarak jauh biasanya terletak di area dekat pasar. Dimana industri yang berlokasi di area dekat pasar dapat meminimalisir biaya transportasi saat mendistribusikan produk yang jadi, seperti halnya pada kasus industri kaleng manufaktur, kaleng, roti, es dan sebagainya. Adapun aksesibilitas pasar tentunya jauh lebih penting pada industri manufaktur barang non barang produksi.

5.       Segi Transportasi
Biaya angkut umumnya sangat tergantung dari fasilitas transportasi. Dikarenakan pendukung berdirinya tempat industri begitu kompleks, misalnya tenaga kerja, ketersediaan bahan baku dan lain-lain. Kita tahu jika tak ada lokasi usaha atau industri yang begitu ideal. Hal tersebut berarti hampir taka da lokasi usaha yang mampu memenuhi segala yang diperlukan industri. Misalnya sebuah lokasi yang tersedia bahan baku yang begitu melimpah namun tak tersedia SDM atau tenaga kerja alias kurangnya area pemasaran. Nah, dari situlah fasilitas transportasi begitu berperan. Bila sebuah daerah mempunyai fasilitas transportasi memadai, dengan begitu pengiriman bahan baku maupun produk hasil industri pun bisa lancar, dengan begitu biaya transportasi pun murah.

6.       Sisi Modal
Banyak orang yang mengatakan jika tanpa modal maka kegiatan industri pun tak akan berjalan. Untuk dapat menjawab hal tersebut, terlebih dulu kita harus memahami apa itu modal. Modal merupakan hasil produksi atau barang yang bisa digunakan di proses produksi yang selanjutnya. Dengan kata lain, modal tak harus berbentuk uang, tapi bisa berbentuk barang. Contohnya mesin pertanian, mesin jahit, gedung hingga mesin-mesin yang berkapasitas berat.

Seperti dalam ilmu ekonomi Faktor Penentuan Lokasi Industri Paling Penting  adalah satu dari lima hal utama untuk menguasai pasar. 


Advertisement
6 Faktor Penentuan Lokasi Industri Paling Penting | Mita Mellinda | 5

0 komentar:

Posting Komentar