5 Jenis Usaha Sampingan Untuk Mahasiswa Paling Mudah



Sebagai mahasiswa anda tentu ingin mencari usaha sampingan mahasiswa untuk tambahan penghasilan pembayaran biaya semester. Atau bisa juga karena jurusan perkuliahan anda yang masih berkaitan dengan wirausaha, tentu ingin mencoba mengaplikasikan ilmu yang sudah anda dapatkan. Sedikit mahasiswa yang saat ini mencari sampingan dengan menjadi wirausaha. Nah, untuk anda yang juga ingin menambah uang saku atau untuk merintis sebuah usaha sampingan bagi mahasiswa, berikut beberapa contoh usaha sampingan untuk mahasiswa di bawah ini:


usaha-sampingan-untuk-mahasiswa
Usaha sampingan untuk mahasiswa paling mudah

1.       Usaha Berjualan Barang Bekas
Usaha sampingan berjualan barang bekas adalah salah satu usaha sampingan yang membutuhkan modal. Dimana bisnis yang satu ini membutuhkan kecermatan pelakunya dalam membaca peluang. Hal ini disebabkan produk yang dijual adalah barang bekas dimana umumnya disepelekan banyak orang, tapi tentunya merupakan produk yang berarti untuk sebagian orang yang memerlukannya. Contohnya saja membeli sebuah kipas angina di toko barang bekas, lalu dijual lagi ke teman kampus Anda yang memerlukan kipas di kamar kosnya. Dengan semakin cermat Anda membaca peluang, dengan begitu semakin kecil pula modal yang diperlukan serta laba yang Anda peroleh pun akan semakin besar.

2.       Usaha Les Private
Usaha les private adalah usaha sampingan yang tak membutuhkan modal. Akan tetapi usaha ini menuntut orang yang menjalankannya memiliki keahlian dan keterampilan khusus. Seperti misalnya bisnis les private matematika, dimana sangat cocok untuk mahasiswa yang bergelut di jurusan matematika. Biasanya kursus matematika ini merupakan kursus yang banyak dicari oleh wali murid, sebab matematika sendiri sudah diajarkan sejak di pendidikan dasar, lalu diujikan di ujian nasional. Hal ini tentu bisa dijadikan ladang emas untuk mahasiswa yang mencari peluang usaha sampingan.

3.       Usaha Jasa Foto
Usaha jasa foto maupun video termasuk usaha sampingan mahasiswa yang berkaitan dengan hobi. Biasanya bisnis ini ditekuni oleh mahasiswa di jurusan fotografi, dengan begitu mereka dapat berbisnis serta mengaplikasikan materi hasil yang diperoleh di kampus. Meskipun awalnya sebagai usaha sampingan saat kuliah, akan tetapi bisnis yang satu ini memiliki potensi besar bila dilakukan dengan usaha dan manajemen yang baik. Jika dirasa perlu, mungkin dengan menjual hasil karya berupa foto dengan sudut yang menarik bisa dihargai dengan harga yang cukup tinggi.

4.       Jasa Penulis
Jika senang dengan menulis berbagai artikel, tidak ada salahnya menggeluti usaha ini karena tidak perlu mengeluarkan tenaga yang cukup banyak namun lebih kepada meluangkan waktu yang tepat untuk menjalani bisnis ini. Bukan hanya kalangan mahasiswa namun bagi yang sudah menikah pun tidak ada salahnya mencoba. Jika sudah berkembang bisa saja menjadi contributor sebuah situs yang berisi artikel-artikel menarik yang bermanfaat. Agar artikel cepat sampai ke pembaca, Anda bisa mempromosikannya dengan cara share ke berbagai media sosial sehingga semakin banyak pembaca yang membaca artikel yang Anda buat. Buatlah semenarik mungkin dan tidak jenuh dalam penyajiannya agar pembaca semakin penasaran membaca artikel yang Anda buat.

5.       Jasa desain grafis
Untuk membuka jasa desain grafis memerlukan keahlian yang cukup baik, namun tidak ada salahnya bagi para pemula untuk mencoba bisnis di bidang ini. Hal yang harus dilakukan oleh pemula adalah dengan belajar terlebih dahulu sambil sedikit-sedikit menjual hasil karya walaupun membutuhkan waktu yang lama. Namun dengan ketekunan bisa membuat desain grafis sekelas profesional.

Bukankah menyenangkan dapat membantu meringankan beban orang tua, hanya kemauan tanpa rasa malu untuk merintis Usaha Sampingan Untuk Mahasiswa . Hidup mahasiswa Indonesia.


Advertisement
5 Jenis Usaha Sampingan Untuk Mahasiswa Paling Mudah | Mita Mellinda | 5

0 komentar:

Posting Komentar