Tips Cara Sukses Berbisnis Budidaya Ikan Lele dan Triknya

Budidaya Ikan Lele - Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan tawar yang paling familiar di Indonesia. Ikan jenis ini biasanya digoreng dan dimakan dengan sambal, atau bahkan bisa dinikmati dengan beberapa cara lain. Tak itu saja, ikan lele pun menjadi begitu populer di beberapa negara Asia lain, salah satunya di Jepang, dimana ikan lele menjadi hidangan kelas atas untuk Sushi, dan beberapa jenis makanan tradisional lain. Menarik memang, bagaimana sebuah ikan yang bisa tumbuh dan dibudidayakan dengan mudah dapat disulap menjadi hidangan yang sangat menarik dan memiliki rasa yang lezat.

budidaya-ikan-lele-tawar

Tunggu, apa tadi? Ya, ikan lele, berbeda dengan jenis ikan air tawar lain sebenarnya sangat mudah dikembang biak dan dibudidayakan. Inilah mengapa bisnis budidaya ikan lele menjadi sebuah peluang usaha yang bisa sangat menguntungkan. Peluang bisnis budidaya ikan lele ini pun masih terbilang luas di Indonesia, pasalnya belum banyak peternak ikan yang menjalankan jenis budidaya satu ini. Maklum, peternak ikan ini biasanya jauh lebih tertarik dengan jenis ikan seperti gurame atau mujair yang dianggap memiliki keuntungan dengan harga jual yang tinggi. Tak banyaknya pelakon bisnis budidaya ikan lele ini malah yang akhirnya menguntungkan karena bisa membuka pintu kesempatan sukses lebih luas.

Budidaya Ikan Lele


Bila sudah mulai berminat untuk memulai usaha bisnis budidaya ikan lele, dibawah ini adalah beberapa tips dan trik sukses beternak dan berbudidaya ikan lele yang bisa dijalankan.

1. Kolam atau media ternak budidaya ikan lele

Untuk melakukan budidaya lele, ada dua jenis kolam yang bisa digunakan yakni kolam tanah dan kolam terpal. Untuk kolam tanah, tak memerlukan persiapan khusus selain mengisi kolam dengan air setinggi 20 cm dan biarkan selama satu minggu agar lumut dan fito plankton bisa tumbuh. Sedangkan untuk kolam terpal, ada beberapa langkah yang harus dilakukan.

budidaya-ikan-lele-dalam-lahan-sempit
  • 1. Pertama-tama, pastikan terpal melapisi seluruh permukaan kolam. Adanya bagian yang terbuka bisa membuat kotoran masuk yang akhirnya mengganggu pertumbuhan ikan lele.
  • 2. Cuci bersih terpal untuk menghilangkan bekas lem, noda, dan lain-lain. Setelah dicuci bersih diamkan terpal selama satu hari untuk memastikan benar kering.
  • 3. Baru setelah itu tambahkan air 20 cm dan diamkan satu minggu.
Air yang telah ditinggalkan selama seminggu penuh dan diberikan daun-daun seperti daun singkong, atau pepaya. Tujuannya agar air berwarna hijau. Dan jangan lupa lakukan pergantian air selama 2 atau 3 hari.

2. Pemilihan bibit untuk budidaya ikan lele

Untuk lele yang tumbuh dengan baik, diperlukan bibit yang benar-benar berkualitas tinggi. Beberapa ciri dari bibit dengan kualitas unggulan ini antara lain :
  • 1. Benih Terlihat aktif Melakukan oksigenasi;
  • 2. Gesit, Agresif Dan cerah;
  • 3. Ukuran Terlihat Sama Rata;
  • 4. Warna Sedikit Lebih Terang.

3. Tahapan penebaran benih

penebaran-benih-budidaya-ikan-lele
Proses penebaran benih ikan lele step by step


Langkah-langkah untuk penebaran benih di budidaya ikan lele sebagai berikut :

  • 1. Siapkan Bak / Ember;
  • 2. Masukan air kolam yang akan di jadikan budidaya ikan kedalam ember/bak;
  • 3. Masukan Benih Lele yang akan Di tebar;
  • 4. Diamkan Selama Kurang lebih selama 30 Menit (tujuan agar benih ikan melakukan penyesuain dengan air kolam bakal budidaya) dan untuk menghilang stres ikan setelah di pindahkan dari habitat penangkaran dan akan masuk kehabitat baru.;
  • 5. Setelah 30 menit benih dapat di tebar ke dalam kolam baik kolam tanah maupun kolam terpal.
Advertisement
Tips Cara Sukses Berbisnis Budidaya Ikan Lele dan Triknya | laras | 5

0 komentar:

Posting Komentar