4 Tips Bisnis Cuci Motor yang Ampuh dan Sukses untuk Pemula

Bisnis Cuci Motor - Bisnis cuci motor dalam beberapa tahun terakhir terus menunjukan peningkatan yang signifikan. Bukan hanya dari tingkat banyaknya usaha-usaha cuci motor baru yang bermunculan. Namun juga dari semakin suksesnya bisnis cuci motor ini sendiri. Sudah banyak sekali contoh saat ini bagaimana usaha pencucian kendaraan, terutama motor dan mobil mampu memberikan kesuksesan besar. Dan uniknya lagi, berbeda dengan jenis bisnis musiman lain, bisnis cuci motor bisa dikatakan sebagai salah satu jenis usaha dan bisnis dengan konsistensi yang bisa diandalkan. Usaha satu ini memang terbukti mampu bertahan lama dengan kesuksesan yang bisa bertahan dalam jangka waktu yang tak sebentar pula.

bisnis-cuci-motor-yang-ampuh-dan-sukses-untuk-pemula

Keawetan bisnis cuci motor ini pun tak lain karena semakin maju dan berkembang pesatnya mode transportasi pribadi di banyak kota-kota besar dan kecil Indonesia. Sistem transportasi publik yang belu memadasi memang akhirnya menjadikan banyak orang lebih memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi. Disisi lain hal tersebut bisa berakibat kemacetan, seperti yang sudah banyak terjadi di kota-kota besar saat ini, namun disisi lain pula, kebiasaan dan gaya hidup ini membuka lahan usaha dan bisnis baru. Salah satunya bisnis cuci motor. Nah bila berminat untuk memulai bisnis usaha satu ini, berikut adalah 4 Trik Ampuh Sukses Bisnis Cuci Motor yang bisa ditiru.

1. Pilih Lokasi

bisnis-cuci-motor-dengan-lokasi-strategis
Bisnis Cuci Motor dengan lokasi strategis
Trik ampuh pertama untuk sukses bisnis cuci motor adalah cerdik dalam memilih lokasi. Sebagai contoh saja, saat ini sudah banyak pencucian motor yang mengambil lokasi di area parkir mall atau pusat perbelanjaan. Mengapa begitu? Karena selain lebih dekat dengan konsumen, konsumen pun jadi tak perlu menunggu untuk kendaraan motor mereka dicuci. Mereka bisa meninggalkan kendaraan motor untuk dicuci sembari mereka berbelanja. Pintar dan inovatif, bukan?

Selain itu, lokasi seperti perkantoran dan dekat dengan area perumahan pun bisa dipilih sebagai tempat bisnis cuci motor. Untuk bisnis cuci motor ini sendiri, lokasi yang tepat di tengah kota saat ini justru sebaiknya dihindari. Selain itu juga area yang sulit dijangkau sebaiknya tak dipilih sebagai lokasi bisnis.

2. Tingkatkan Promosi

tips-bisnis-cuci-otor
Promosikan bisnis cuci motor dengan cara yang unik dan aneh untuk mengundang perhatian 
Tak bisa dihindari, ilmu marketing memiliki peranan yang besar dalam kesuksesan berbisnis. Begitupun ketika berbisnis usaha cuci motor ini. Promosi yang diberikan sebenarnya ada beragam jenis. Mulai dari memiliki sosial media, yang menjadikan konsumen semakin mudah mendapat informasi promo-promo terbaru, dan tentu saja memberikan banyak promo untuk para pelannggan setia. Saat ini sendri, promo yang diberikan oleh bisnis cuci motor yang ada sudah begitu bervariasi. Mulai dari gratis 1 kali cuci untuk setiap 10 kali cuci, gratis minuman atau service kendaraan, hingga adanya doorprize dengan undian kupon.

3. Tempat yang nyaman

pengelolaan-tempat-bisnis-cuci-motor
Tempat Bisnis Cuci Motor juga harus diperhatikan dan harus dibuat senyaman mungkin
Sebenarnya sama seperti bengkel, kenyamanan tempat pun harus menjadi pertimbangan untuk bisnis cuci motor ini. Pasalnya, ketika kendaraan dicuci, pelanggan akan menunggu di area cuci motor tersebut. Tak perlu besar dan mewah, yang penting tempat tunggu pelanggan haruslah bersih, rapi, serta nyaman. Tak sulit bukan?

4. Harga bersaing

Trik terakhir untuk sukses bisnis cuci motor ini adalah harga yang bisa bersaing. Memberikan banyak kelebihan seperti diatas, mungkin menjadikan harga lebih mahal. Namun meski begitu, jangan terlalu tinggi memasang harga! Untuk patokan harga ini pun harus benar-benar diperhatikan sesuai dengan lokasi dan keadaan di usaha bisnis cuci motor itu sendiri.

Selamat berbisnis ya!
Advertisement
4 Tips Bisnis Cuci Motor yang Ampuh dan Sukses untuk Pemula | laras | 5

0 komentar:

Posting Komentar